Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi S2 Pendidikan Jasmani

Capaian Pembelajaran Lulusan

Learning outcomes lulusan Program Magister Program Studi Pendidikan Jasmani diturunkan dari profil lulusan yang telah ditetapkan, mengacu pada  Kerangka Kualifikasi Nasional Indonsesia (KKNI) yang tertuang dalam Perpres Nomor 8 Tahun 2012, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi ,yaitu :

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Magister Program Studi Pendidkan Jasmani.

  1. Sikap

S1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,
memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

  1. Pengetahuan

P1

Menguasai konsep, teori, dan falsafah ilmu Pendidikan Jasmani, melalui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal.

P2

Menguasai konsep dan teori dalam mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani, melalui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal.

P3

Menguasai konsep dan teori metodologi penelitian dan penerapan statistika dalam bidang Pendidikan Jasmani.

P4

Menguasi konsep dan teori dalam perkembangan dan pembelajaran gerak, melalui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal.

P5

Menguasai konsep dan teori dalam merencanakan, mengembangkan, dan menganalisis materi serta evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, melalui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal.

P6

Menguasai konsep penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai dasar dalam pemilihan bahan ajar dan media pembelajaran jasmani.

P7

Menguasi konsep dan teori psikologi dalam bidang Pendidikan Jasmani, melalui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal.

P8

Menguasi konsep dan etika dalam penulisan karya ilmiah sebagai bekal dalam mempublikasikan karya ilmiah di proceding nasional/internasional, jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.

  1. Keterampilan Umum

KU1

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, Menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional.

KU2

Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya

KU3

Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.

KU4

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.

KU5

Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

KU6

Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.

KU7

Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.

KU8

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

  1. Keterampilan Khusus

KK1

Mampu mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani sesuai dengan karakteristik peserta didik, melaui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal.

KK2

Mampu menerapkan konsep metodologi penelitian dan penerapan statistika dalam bidang Pendidikan Jasmani.

KK3

Mampu merencanakan, mengembangkan, dan menganalisis materi serta evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, melalui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal.

KK4

Mampu mengembangkan dan menerapkan bahan ajar dan media pembelajaran Pendidikan Jasmani berbasis teknologi dan informasi.

KK5

Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi di bidang Pendidikan Jasmani melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

KK6

Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan dan teknologi
di bidang Pendidikan Jasmani, melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

KK7

Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi
masyarakat dan keilmuan di bidang pendidikan jasmani.

KK8

Mampu menulis karya ilmiah dan dipublikasikan di proceding nasional/ internasional, jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.

 

Kurikulum

Struktur kurikulum Program Magister Program Studi  Penididkan Jasmani terdiri atas Mata Kuliah Pondasi Keahlian (MPK), Mata Kuliah Keahlian (MKK), dan Mata Kuliah Kemampuan Tambahan (MKKT). MPK merupakan mata kuliah yang memberikan pondasi keahlian sesuai dengan prodi atau bidang keahlian. MKK merupakan mata kuliah yang membentuk keahlian prodi. MKKT adalah mata kuliah pilihan yang ditawarkan oleh prodi dan dapat diambil oleh mahasiswa dari prodi lain dalam rangka menambah kemampuan dalam bidang lain (multidisipliner). Berikut Struktur kurikulum Program Magister Program Studi Pendidikan Jasmani:

Tabel. 1.     

 

Tabel               Tabel 1 Struktur dan Sebaran Mata Kuliah Program Magister Program Studi Pendidikan Jasmani:

No Kode Mata Kuliah sks Sem & sks Jml  SKS
Jml T P 1 2 3 4  
A. Mata Kuliah Pondasi Keilmuan               7
1 PPS8201 Filsafat Ilmu 2 2 0 2      
2 PPS8202 Statistika 2 2 0 2      
3 PPS8303 Metodologi Penelitian Pendidikan 3 3 0 3      
Jumlah sks Mata Kuliah Pondasi Keilmuan 7 7 0 7 0 0 0  
B. Mata Kuliah Keahlian Program Studi               31
1 PJS8201 Analisis Materi Pembelajaran Penjas di Sekolah Menengah 2 2 0   2    
2 PJS8202 Kajian Faal dalam Aktivitas Jasmani 2 2 0   2    
3 PJS8303 Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani 3 3 0 3      
4 PJS8204 Psikologi Pendidikan Jasmani 2 2 0 2      
5 PJS8205 Kajian Perkembangan dan Pembelajaran Motorik 2 2 0 2      
6 PJS8206 Manajemen Pendidikan Jasmani 2 2 0   2    
7 PJS8307 Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani 3 3 0   3    
8 PJS8208 IPTEK Pendidikan Jasmani 2 2 0   2    
9 PJS8209 Penulisan Karya Ilmiah 2 1 1   2    
10 PJS8210 Topik dan Penulisan Pra Proposal Tesis 2 1 1   2    
11 PJS8311 Proposal Tesis 3 3 0     3  
12 PJS8612 Tesis 6 6 0       6  
Jumlah sks Mata Kuliah Keahlian Program Studi 31 29 2 7 15 3 6  
C. Mata Kuliah Kemampuan Tambahan *)               3
1 PJS8313 Literasi Bahan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (TI)* 3 3       3  
2 PJS8314 Literasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (TI)* 3 3       3  
Jumlah sks Mata Kuliah Pilihan 3 3   0 0 3 0  

Keterangan:    

*)  Pilih salah satu